Oleh: Setiyo Purwanto | 15 April 2011

memisahkan jasad dan Ruh


Hijr ayat 29, “Maka apabila Aku telah menyempurnakan kejadiannya (jasad) dan telah meniupkan ke dalamnya Ruh (milik)-Ku maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud”

Pertama kita harus memahami mana yang jasad dan mana yang Ruh, emnggunakan apa kita memahaminya? menggunakan jiwa. jiwa bisa menyadari oh ini jasad.. ohh ini Ruh. nah ketika kita sudah paham dalam sholat dua hal ini harus kita tempat kan sesuai porsinya. dan jelas ketika kita sholat, karena niat nya sudah lillahi taala maka berarti kita mengikuti Ruh bukan mengikuti jasad… jasad sudah kita program untuk mengikuti syariat di dalam sholat yaitu membaca dan bergerak sholat.
terbangnya jiwa bersama Ruh untuk kembali kepada Allah biasanya memakan waktu yang agak lama, maka perlu jasad untuk bersabar… dimana hal ini kita lakukan dengan tumakninah. keterpisahan ini sebenarnya mirip ketika kita hendak tidur dimana jasad ditinggalkan Ruh
” Allah yang mengambil roh manusia pada saat kematian mereka,dan yang belum mati dalam tidurnya. Allah menahan roh orang yang telah ditetapkan ajal kematiannya, dan melepaskan yang lain (ke badannya) sampai waktu yang ditentukan.” (QS. Az Zumar:42)
dalam sholat pun demikian, jadi tidak perlu khawatir untuk tidak kembali, seperti tidur kita juga tidak pernah khawatir untuk tidak bangun lagi… kata Ust Abu .. kalau kita khawatir tidak hidup lagi setalah tidur kita maka kita tidak akan tidur. keterpisahan dalam tidur kita lakukan dengan sikap relaks sikap pasrah dan rela nah persis ketika kita hendak melakukan sholat yaitu dengan pasrah dan rela (baca al baqoroh ayat 46) .
untuk itu kita harus banyak belajar lagi tentang sholat, karena belajar memisahkan jasad dan Ruh ini memakan waktu yang lama perlu adanya keistiqomahan sehingga pelan pelan kita dipahamkan Allah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: